Menghilangkan Kerutan di Wajah, Kulit Tampak Kencang Alami

Penulis: La Lumiere Aesthetics

Siapa yang tidak mau memiliki kulit yang sehat, kencang alami dan tampak awet muda. Memang bertambahnya usia menjadi faktor utama terjadinya penuaan kulit yang tidak bisa dihindari baik oleh pria maupun wanita. 


Kerutan, keriput, atau garis-garis halus di wajah akan muncul seiring dengan bertambahnya usia. Tentu saja hal tersebut menjadi kekhawatiran tersendiri bagi wanita, sebab ini erat hubungannya dengan penampilan.

Tidak perlu takut, kerutan di wajah bisa dicegah dengan perawatan kulit yang tepat. Untuk membantu menghaluskan atau menghilangkan kerutan di wajah, La Lumiere Aesthetics punya solusinya!


Apa penyebab kerutan di wajah?

Penyebab kerutan di wajah yang utama adalah pertambahan usia sehingga membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Produksi minyak alami seiring bertambahnya usia juga mengalami penurunan sehingga kulit rentan kering dan tampak mengerut.

Selain pertambahan usia, beberapa penyebab kerutan di wajah lainnya, meliputi:

1. Paparan sinar matahari

Penyebab kerutan di wajah bisa karena paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari secara berlebih. Sinar UV inilah yang dapat merusak jaringan kulit yang bernama elastin dan kolagen pada lapisan kulit dermis sehingga membuat tanda-tanda penuaan dini muncul. Saat jaringan elastin dan kolagen rusak, kulit akan lebih mudah untuk mengendur dan meregang. Akibatnya, kulit menjadi lebih mudah keriput.

2. Kebiasaan merokok

Merokok ternyata menjadi penyebab kerutan di wajah muncul dan tidak dapat terhindarkan. Asap dan panas dari rokok, serta kebiasaan mengerutkan area bibir saat merokok sangat berkontribusi terhadap pembentukan keriput. Selain itu, bahaya asap rokok juga dapat merusak kolagen dan elastin pada kulit.

3. Kontraksi otot wajah secara berulang

Kontraksi otot dari ekspresi wajah yang dilakukan secara berulang, seperti tersenyum, menyipitkan mata, mengerutkan kening atau bibir, atau menggosok mata bisa meningkatkan faktor risiko penyebab keriput di wajah muncul.

Cara menghilangkan kerutan di wajah


Tak ada satupun orang yang senang dengan munculnya kerutan di wajah. Sebab, munculnya keriput dapat membuat tampilan wajah tampak lebih tua dari usia seharusnya. Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan melakukan beberapa tips berikut ini:

1. Mencuci muka secara rutin

Mencuci muka secara rutin bisa jadi salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami. Anda bisa mencuci muka dua kali sehari dan setelah berolahraga. Jangan terlalu sering mencuci muka karena dapat menghilangkan lapisan alami kulit yang berfungsi melindungi kulit dari kemunculan keriput.

2. Oleskan pelembap

Setelah mencuci muka dan melanjutkan rutinitas perawatan kulit lainnya, jangan lupa untuk mengoleskan pelembap wajah. Meski bukan cara menghilangkan kerutan di wajah secara permanen, penggunaan pelembap dapat berfungsi untuk menyamarkan kemunculan keriput dan garis-garis halus di wajah dengan mengunci kelembapan kulit. 

3. Gunakan sunscreen

Cara mengurangi kerutan di wajah berikutnya adalah dengan rutin menggunakan sunscreen atau tabir surya, terutama saat Anda melakukan aktivitas di luar rumah. Anda perlu menggunakan sunscreen dengan label broad spectrum dan SPF 30 pada area kulit wajah. Tak hanya itu, penggunaan tabir surya juga dapat menurunkan risiko kanker kulit.

4. Pakai produk perawatan kulit yang tepat


Cara menghilangkan kerutan di wajah yang ampuh perlu didukung dengan penggunaan produk perawatan kulit yang tepat. Adapun beberapa kandungan produk skincare yang dapat diandalkan sebagai cara menghilangkan keriput di wajah, yakni: Retinoid, Alpha hydroxy acid/AHA, seperti lactic acid dan glycolic acid Antioksi dan Vitamin C.


5. Pijat wajah dengan minyak kelapa / zaitun

Memijat wajah dengan minyak bisa jadi cara menghilangkan kerutan di dahi dan area wajah lainnya. Jika Anda rutin memijat wajah dengan minyak zaitun atau minyak kelapa, tampilan kerutan di wajah dapat tersamarkan. Kulit pun bisa jadi halus serta otot-otot wajah dapat relaksasi dengan baik.


6. Tidur yang cukup


Kurang tidur bisa berdampak secara signifikan pada fungsi kulit sehingga menjadi penyebab kerutan di wajah muncul. Maka dari itu, orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-9 jam setiap harinya sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah.

7. Hindari ekspresi wajah berulang

Untuk menghindari ekspresi wajah terlalu sering sebagai cara menghilangkan kerutan di dahi, agar terhindar dari kontraksi wajah yang menjadi penyebab kerutan di wajah. Anda juga dapat mengenakan kacamata hitam untuk membantu mengurangi garis-garis halus yang disebabkan oleh kebiasaan menyipitkan mata.

8. Makan makanan yang sehat

Cara menghilangkan kerutan di wajah juga perlu didukung dengan asupan makanan yang sehat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Kedua jenis makanan ini mengandung senyawa antioksidan yang dapat melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan ini, kulit akan tampak lebih awet muda dan bercahaya.

9. Batasi makanan mengandung gula dan makanan berminyak

Gula yang terdapat dalam tubuh dapat mempercepat proses glikasi. Akibatnya, tubuh akan memproduksi protein yang disebut Advanced Glycation End Products (AGE). Protein tersebut dapat berdampak buruk karena mampu memecah kolagen dalam tubuh. Kondisi inilah yang dapat membuat wajah terlihat lebih tua.

Oleh karena itu, mulai batasi konsumsi makanan manis maupun berminyak, agar wajah Anda tetap awet muda sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah.

10. Berhenti merokok

Cara menghilangkan kerutan di wajah yang tak kalah ampuh adalah dengan berhenti merokok. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kebiasaan merokok bisa mempercepat penuaan kulit  denan cara memecah kolagen dan elastin sehingga menimbulkan kerutan dan kusam pada kulit.

11. Masker wajah alami

Anda juga bisa melakukan cara menghilangkan keriput dengan bahan alami melalui penggunaan masker wajah. Cara menghilangkan keriput dengan bahan alami bisa membuat masker wajah dari campuran pisang dengan jus jeruk dan yogurt, masker putih telur dengan air perasan lemon dan madu, serta masker mentimun dan yogurt. 

Penggunaan lidah buaya (aloe vera) sebagai masker alami untuk menghilangkan kerutan di wajah dipercaya dapat meredakan peradangan kulit, terutama setelah terpapar sinar matahari. Dengan demikian, kulit terasa lebih sejuk sekaligus mencegah iritasi dan kemunculan keriput. 

12. Treatment ke dokter

Bila seluruh cara mengatasi kerutan wajah di atas belum bisa mengatasi permasalahan Anda, kunjungi dokter ahli untuk mengonsultasikan kondisi wajah Anda. Dokter ahli akan merekomendasikan treatment untuk menghaluskan kerutan, mengencangkan kulit, dan memperbaiki warna kulit agar wajah tampak lebih muda. 

Menghilangkan kerutan di wajah dapat dilakukan dengan Treatment Thermage FLX di La Lumiere Aesthetics. 


Treatment ini dapat menstimulasi tubuh sehingga terbentuk kolagen baru yang bermanfaat untuk membantu menghaluskan, mengencangkan dan membentuk (contouring) kulit secara alami. Tekstur kulit wajah yang tidak rata atau keriput akibat proses penuaan dapat teratasi.

Prosedur Thermage FLX bersifat non-invasif (tanpa memasukkan bahan kimia tertentu ke dalam tubuh dan tanpa pembedahan). Proses yang sangat cepat, aman, dan nyaman oleh dokter yang sudah tersertifikasi. Hasil langsung terlihat setelah melakukan perawatan.

Tertarik meremajakan kulit dengan treatment Thermage FLX di La Lumiere? Hubungi kami sekarang juga untuk mulai berkonsultasi. Rasakan kulit tampak lebih muda dengan hasil yang cepat, aman, dan nyaman!





Sumber: 
https://www.sehatq.com/artikel/cara-menghilangkan-kerutan-di-wajah
https://www.alodokter.com/inilah-6-cara-menghilangkan-kerutan-di-wajah-secara-alami
https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/20/223846820/menghilangkan-kerutan-secara-alami-agar-kulit-tampak-muda?page=all
https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/cara-menghilangkan-kerutan-di-wajah-alami/