12 Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Efektif

Penulis: La Lumiere Aesthetics


Memiliki perut buncit memang mengganggu kenyamanan dalam berpakaian. Celana Anda terasa sesak dan membuat pakaian terasa kencang. Memiliki perut buncit pertanda adanya lemak berlebih pada perut Anda.


Salah satu jenis lemak perut atau lemak visceral, merupakan faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kondisi lainnya.




Meskipun menghilangkan lemak dari area ini mungkin sulit, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi kelebihan lemak perut.

Dilansir dari healthline, Berikut adalah 12 tips efektif menghilangkan lemak perut, yang didukung oleh penelitian ilmiah.

1. Makan banyak serat larut

Serat larut mendorong penurunan berat badan dengan membantu Anda merasa kenyang, sehingga secara alami Anda makan lebih sedikit. Ini juga dapat menurunkan jumlah penyerapan kalori dan membantu melawan lemak perut.

Cobalah untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi setiap hari. Sumber serat larut yang sangat baik yaitu biji rami, mie shirataki, kubis Brussel, alpukat, kacang-kacangan dan blackberry.

2. Hindari makanan yang mengandung lemak trans

Sebuah studi mengatakan bahwa makanan tinggi lemak trans membuat peningkatan lemak pada perut. Untuk Anda yang sedang menjalani pola diet, menjaga asupan lemak trans sangat baik dilakukan.

Untuk membantu mengurangi lemak perut dan melindungi kesehatan Anda, bacalah label bahan dengan hati-hati dan jauhi produk yang mengandung lemak trans.

3. Jangan minum terlalu banyak alkohol

Meminum alkohol terlalu banyak memiliki dampak yang sangat buruk untuk tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak alkohol membuat meningkatnya resiko penyimpanan lemak pada bagian perut.

Kurangi minum alkohol atau berhenti mengkonsumsinya untuk membantu mengurangi masalah perut buncit Anda.

4. Makan makanan berprotein tinggi

Protein merupakan nutrisi yang sangat penting untuk pengelolaan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak protein cenderung memiliki lebih sedikit lemak perut dibandingkan mereka yang makan makanan rendah protein.

Sumber protein tinggi seperti daging, ikan, telur, susu dan kacang-kacangan sangat dianjurkan untuk Anda yang sedang mencoba menurunkan lemak di perut dan juga berat badan.

5. Kurangi tingkat stres

Penelitian menunjukkan bahwa hormon stres meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut.

Untuk membantu mengurangi lemak perut, lakukan aktivitas menyenangkan yang menghilangkan stres. Berlatih yoga atau meditasi bisa menjadi metode yang efektif.

6. Jangan makan banyak makanan manis

Asupan gula yang berlebihan merupakan penyebab utama kenaikan berat badan pada banyak orang. Studi observasi menunjukkan hubungan antara asupan gula yang tinggi dan peningkatan lemak perut.

Batasi asupan gula Anda untuk mengurangi penambahan lemak pada perut.

7. Lakukan senam aerobik (kardio)

Latihan aerobik (kardio) adalah salah satu bentuk latihan paling efektif untuk mengurangi lemak perut. Semakin tinggi frekuensi dan durasi program latihan Anda, semakin efektif melangsingkan pinggang Anda.

8. Kurangi karbohidrat, terutama karbohidrat olahan

Mengurangi asupan karbohidrat bisa sangat bermanfaat untuk menghilangkan lemak, termasuk lemak perut. Kurangi asupan karbohidrat atau mengganti karbohidrat olahan dalam diet Anda dengan sumber karbohidrat yang sehat, seperti biji-bijian, polong-polongan, atau sayuran.

9. Lakukan latihan ketahanan (angkat beban)

Latihan angkat beban bisa menjadi strategi penurunan berat badan yang penting dan dapat membantu mengurangi lemak perut. Studi menunjukkan latihan angkat beban lebih efektif apabila di kombinasi dengan latihan aerobik.

10. Banyak tidur nyenyak

Tidur penting untuk banyak aspek kesehatan Anda, termasuk berat badan. Orang yang kurang tidur cenderung menambah berat badan, yang mungkin termasuk lemak perut.

Mendapatkan tidur berkualitas tinggi yang cukup harus menjadi salah satu prioritas utama Anda jika Anda berencana untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan Anda.

11. Berhenti minum jus buah

Meskipun jus buah menyediakan vitamin dan mineral, gulanya sama tingginya dengan soda dan minuman manis lainnya. Dalam hal penambahan lemak, jus buah bisa sama buruknya dengan soda manis. 

Pertimbangkan untuk menghindari semua sumber gula cair untuk meningkatkan peluang Anda berhasil menurunkan berat badan.

12. Cobalah intermittent fasting

Puasa intermiten baru-baru ini menjadi sangat populer sebagai metode penurunan berat badan. Puasa intermiten adalah pola makan yang bergantian antara periode makan dan puasa. 

Studi menunjukkan bahwa ini mungkin salah satu cara paling efektif untuk menurunkan berat badan dan lemak perut.

Menghilangkan perut buncit tidak bisa dilakukan secara instan karena kuncinya terletak pada konsistensi Anda menerapkan gaya hidup sehat.


Selain itu, langkah untuk mengecilkan perut buncit dapat dilakukan dengan berbagai treatment klinis. Salah satu prosedur menghilangkan lemak di perut adalah Emsculpt Neo dari La Lumiere.


Treatment ini dapat membantu mengurangi kantung lemak yang sulit dihilangkan dengan diet atau olahraga tanpa proses pembedahan/operasi.


Menggunakan teknologi yang dapat menghasilkan 25% extra pembakaran lemak dan 30% extra pembentukan otot hanya dalam waktu 30 menit.


Jadi, tunggu apalagi? Hubungi La Lumiere sekarang juga dan nikmati pengalaman treatment yang berbeda dan tentunya lebih efektif untuk mengatasi segala permasalahan tubuh Anda.